Sekjen Kemenag RI Berangkatkan Jemaah Haji Kloter 1 Embarkasi Surabaya - Portal Surabaya

Sabtu 04-06-2022 / 14:27 WIB


Sekjen Kemenag RI Berangkatkan Jemaah Haji Kloter 1 Embarkasi Surabaya - Portal Surabaya

PORTALSURABAYA.COM – Jemaah haji kloter 1 SUB asal Kabupaten Tuban diberangkatkan Nizar Ali, Sekretaris Jenderal Kementerian Agama Republik Indonesia (Sekjen Kemenag RI), Sabtu (4/6/2022) di halaman Graha Bir Ali Asrama Haji Embarkasi Surabaya (AHES).

Setidaknya, ada empat hal yang Nizar pesankan kepada seluruh jemaah haji, diantaranya adalah meluruskan niat ibadah haji hanya karena ridlo Allah.

“Karena ini adalah perjalanan ritual, maka mari niatkan dalam hati batin kita hanya karena Allah SWT,” ujar Nizar didampingi Husnul Maram, Kakanwil Kemenag Jatim, Tenaga Ahli Menteri Agama RI serta sejumlah pejabat lainnya.

Selain itu, Nizar meminta kepada jemaah haji untuk bisa menggunakan waktu sebaik mungkin selama di tanah suci untuk mendapatkan ridho Alloh SWT.

“Tahun ini kuota yang kita dapatkan 46 persen dari biasanya. Tahun sebelumnya jemaah di Arab Saudi tumpah ruah, tahun ini hanya 1 juta sehingga jemaah haji bisa ibadah dengan nyaman. Maka, gunakan waktu sebaik mungkin untuk meraih ridlo Allah SWT,” imbuhnya.

Ketiga, ia berpesan agar jemaah haji Jawa Timur sebagai duta bangsa Indonesia dapat menjaga dan mengharumkan nama baik negara.

“Tuban sebagai prototype dari Indonesia, tunjukkan bahwa Indonesia itu baik dan ramah,” ujarnya

Nizar juga berharap seluruh jemaah haji senantiasa diberikan kesehatan sehingga dapat menjalankan rukun, wajib serta sunnah haji dan menjadi haji mabrur.

Sementara itu, Husnul Maram selaku Ketua Panitia Penyelenggara Ibadah Haji (PPIH) Embarkasi Surabaya melaporkan jumlah jemaah haji kloter 1 asal Kabupaten Tuban terdiri dari 445 jamaah haji dan 4 orang petugas kloter.

Kloter 1 diberangkatkan ke Bandara Juanda Surabaya menggunakan 10 armada bus, serta 1 bus khusus untuk jemaah dengan resiko tinggi.

Embarkasi Surabaya pada tahun ini akan memberangkatkan 38 kloter, dan semua jemaah dinyatakan sehat dan lengkap vaksin serta hasil PCR negatif.***

TAG:
Sumber: